Tips Mencegah Jamur Pada Kaca Mobil Akibat Hujan

Tips Mencegah Jamur Pada Kaca Mobil Akibat Hujan

Saat musim hujan, pemilik mobil harus lebih rajin dalam merawat dan mencuci kendaraannya tersebut. jika tidak, air hujan yang menempel di mobil berpotensi membuat warna cat mobil jadi lebih cepat kusam dan mobil jadi lebih mudah berkarat. Apalagi air hujan yang menempel pada kaca mobil khususnya di bagian depan, bisa menimbulkan jamur yang menyebabkan air tidak akan tersapu bersih saat menggunakan wiper. 

Keberadaan jamur pada kaca membuat pandangan buram dan memantulkan cahaya sinar lampu mobil dari arah berlawanan. Ini jelas sangat berbahaya, terutama ketika hujan deras dengan daya pandang rendah. 

Berikut Tips Mencegah Jamur Pada Kaca Mobil Akibat Hujan.

Bersihkan kaca mobil dari kotoran yang menempel

Segera bersihkan jika ada kotoran menempel di kaca mobil, seperti debu. Jangan pakai kemoceng bulu ayam karena berisiko membuat baret di kaca. Anda bisa menggunakan kemoceng yang menggunakan bahan kain microfiber atau lap lainnya.

Ingat selalu gunakan lap basah untuk membersihkan noda yang menempel pada kaca mobil. Jika membandel, Anda bisa memanfaatkan cairan glass cleaner yang banyak dijual di toko aksesoris mobil.

Pastikan noda terangkat dan kaca mobil kering sempurna sehingga tidak menimbulkan bercak yang dalam jangka panjang berpotensi menjadi jamur kaca.

Air hujan memiliki kandungan asam yang kuat dan dalam jangka waktu lama bisa merusak struktur kaca mobil. Segera siram dengan air bersih saat tiba di rumah dan keringkan. Upaya ini juga sebagai bagian dari cara mengurangi potensi tumbuhnya jamur kaca.

Jangan gunakan anti jamur kaca sembarangan

Saat ini memang banyak obat antijamur kaca di pasaran. Namun pastikan kamu membeli produk yang tepat. Sebab, salah memilih produk, bisa-bisa bukan jamurnya yang hilang, melainkan kaca mobil depanmu yang menjadi buram.

Periksa wiper mobil

Wiper mobil berfungsi untuk menyapu air yang ada pada kaca depan mobil. Memang terkadang fungsi wiper terlihat sepele. Namun bila peranti ini rusak akan memicu risiko keamanan dan kenyamanan, terutama pandangan pengemudi akan terganggu karena hujan yang mengenai kaca depan. 

Selain itu, wiper mobil yang rusak juga bisa menyebabkan kaca mobil tergores sehingga menyebabkan baretan halus. Jadi wiper mobil bisa disebut sebagai piranti penting apalagi di musim hujan seperti saat ini.

Gunakan cairan wiper khusus kaca mobil

Pemakaian air untuk wiper reservoir sebenarnya sudah cukup  Dengan catatan udara di jalanan bersih, tidak mengandung minyak atau polusi lain. Tapi kondisi sekarang sangat banyak polusi, sehingga begitu wiper disapukan masih tersisa lapisan minyak tipis.

Campuran shampo cukup ampuh di awal. Namun ternyata bisa mengandung jamur dalam waktu cepat hingga noda putih jika terkena paparan panas matahari. Apalagi jika shampoonya tidak PH balance bahkan ada yang pakai shampoo untuk manusia. Kalaupun mau, bisa saja aplikasi cairan khusus wiper fluid yang beraneka merek ada dipasaran agar menjaga kaca mobil tidak timbul jamur.

Coating kaca mobil

Saat ini ada banyak coating yang dapat dilakukan pada sebuah mobil. Coating tak hanya bisa dilakukan pada body saja, tapi kaca juga bisa. Perlindungan melalui coating pada bagian kaca dan body sangat memberikan banyak keuntungan pada mobil tersebut.

Coating kaca sendiri adalah proses perlindungan pada kaca mobil yang mempunyai sifat tahan lama maupun permanen. Terlebih jika coating menggunakan nano ceramic pada kaca mobil. Coating kaca tersebut dapat membuat kaca terlindung dari kotoran yang menempel dan mencegah tumbuhnya jamur kaca yang sangat mengganggu visibilitas.

Demikian Tips Mencegah Jamur Pada Kaca Mobil Akibat Hujan. Merawat mobil memang sangat merepotkan, tetapi anda tidak perlu lagi repot-repot merawat mobil jika anda menggunakan jasa Al-Hikmah Rental Mobil Palembang. Al-Hikmah Rental Mobil Palembang merupakan penyedia jasa rental mobil Palembang yang memiliki armada-armada terbaik serta harga yang termurah di kota Palembang.

Hubungi Kami


Buka Setiap Hari :

  • Jl. Sultan Agung No.87, 1 Ilir, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111

  • 0853-7860-0991

  • 0853-7860-0991

  • 06.00 - 22.30 WIB

Ingin berkonsultasi untuk kebutuhan sewa mobil Anda di Palembang?
Klik button dibawah untuk menghubungi kami dari smartphone Anda

Telkomsel 0853-7860-0991

Call SMS WhatsApp