Tips Hemat Dalam Merawat Mobil

Tips Hemat Dalam Merawat Mobil

Para pemilik mobil terkadang belum bisa menerima kenyataan bahwa merawat mobil itu perlu melakukan servis mobil berkala. Memang, jika mobil baru di awal pembelian pasti akan mendapatkan servis gratis, namun tidak untuk jangka waktu panjang.

Pasalnya saat merawat mobil, terkadang kendaraan yang niatannya hanya akan dilakukan servis ringan, justru melakukan berbagai pergantian spare part atau komponen yang akhirnya membuat pengeluaran merawat mobil lebih banyak.

Berikut Tips Hemat Dalam Merawat Mobil.

1. Jadwal Servis Yang Tepat

Daya tahan sebuah mesin kendaraan bisa bertahan lama jika selalu merawat mobil secara rutin. Tidak cuma rutin, merawat mobil seperti halnya servis juga harus dilakukan sesuai jadwal. Banyak alasan kenapa servis harus dilakukan sesuai jadwal. 

Pertama, agar garansi kendaraan tidak hangus bila kamu membeli mobil baru. Kedua, untuk kendaraan baru, merawat mobil harus dilakukan sesuai jadwal agar tidak kehilangan layanan servis gratis. Sebab, jika servis dilakukan di luar jadwal, Anda harus membayar sendiri.

2. Menggunakan Suku Cadang Asli

Mungkin Anda adalah orang yang cukup rajin merawat mobil bekas seperti halnya servis. Cara Anda mengendarai kendaraan juga wajar. Namun, setiap ke bengkel, selalu saja ada spare part yang minta untuk diganti. Kalau seperti ini, bisa jadi kesalahannya ada pada kualitas suku cadang yang Anda beli.

Untuk menghindari hal tersebut, Sebaiknya Anda usahakan ketika merawat mobil selalu membeli suku cadang yang asli. Untuk memastikan suku cadang tersebut asli, belilah di dealer atau distributor resmi.

Suku cadang atau onderdil palsu memang murah, namun percayalah umur mereka tidak akan seawet suku cadang asli. Dan hal tersebut justru sebenarnya menghemat lebih banyak uang dengan berinvestasi pada suku cadang asli dan menghindari mengeluarkan uang lebih banyak saat merawat mobil secara rutin.

3. Rawatlah Ban Mobil

Saat merawat mobil, ban adalah suku cadang kendaraan yang punya peran vital. Kondisi ban yang jelek tidak hanya bisa mengancam keselamatan saat berkendara, namun tidak baik buat kesehatan finansial Anda.

Maklum, harga ban kendaraan yang bagus cukup mahal apalagi jika Anda menggunakan kendaraan roda empat. 

4. Gunakan BBM Berdasarkan Kebutuhan Mesin

Untuk merawat mobil, bisa dimulai dengan jangan pelit pada kendaraan sendiri. Bukannya menghemat uang banyak, Anda justru bisa nombok banyak di akhir bulan. Nasihat ini juga berlaku di stasiun pengisian bahan bakar. Tidak sedikit pemilik kendaraan yang memaksakan mengisi bahan bakar kendaraannya dengan bensin beroktan rendah.

Padahal pabrikan kendaraan tersebut sudah menganjurkan penggunaan bahan bakar dengan oktan tinggi. Meski harganya murah, bensin beroktan rendah justru dapat membuat kinerja mesin menjadi tidak optimal dan memicu mahalnya saat merawat mobil.

Selain itu, karena tidak bisa menahan kompresi mesin yang tinggi, umur komponen akan semakin pendek. Anda juga harus semakin sering merawat mobil seperti halnya servis karena mesin lebih cepat kotor akibat pembakaran yang tidak sempurna.

Demikian Tips Hemat Dalam Merawat Mobil. Sehemat apapun dalam merawat mobil tentu akan terus-menerus memakan biaya dalam perawatan mobil tersebut. Hal hemat lainnya yaitu dengan menggunakan jasa Al-Hikmah Rental Mobil Palembang. Al-Hikmah Rental Mobil Palembang merupakan penyedia jasa rental mobil Palembang yang termurah dan tentunya yang terbaik di Kota Palembang. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya secara terus menerus dalam merawat mobil anda.

Hubungi Kami


Buka Setiap Hari :

  • Jl. Sultan Agung No.87, 1 Ilir, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111

  • 0853-7860-0991

  • 0853-7860-0991

  • 06.00 - 22.30 WIB

Ingin berkonsultasi untuk kebutuhan sewa mobil Anda di Palembang?
Klik button dibawah untuk menghubungi kami dari smartphone Anda

Telkomsel 0853-7860-0991

Call SMS WhatsApp