Tips Hemat Bahan Bakar Pada Kendaraan

Tips Hemat Bahan Bakar Pada Kendaraan

Salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih kendaraan adalah kendaraan yang hemat bahan bakar. Ini penting terutama bagi kendaraan yang akan digunakan sehari-hari, baik untuk aktivitas kerja maupun usaha.

Keiritan kendaraan tidak hanya ditentukan oleh model kendaraan, tetapi cara mengemudikan mobil juga menentukan. Jika gaya mengemudi keliru dan terlalu agresif sudah dipastikan konsumsi bahan bakar akan boros.

Untuk itu, gunakan cara berkendara dengan metode Eco Driving. Ini penting, selain membuat bahan bakar mobil lebih irit, tapi juga menciptakan lingkungan lebih bersih.

Berikut Tips Hemat Bahan Bakar Pada Kendaraan.

Gunakan AC secara tepat

Mencegah suhu terlalu dingin dalam ruang kabin sangat penting. Jika menggunakan Air Conditioner (AC) dengan suhu 25°C, maka penggunaan bahan bakar akan meningkat sekitar 12 persen. Tutup rapat kaca mobil agar AC tidak bekerja terlalu keras menyesuaikan suhu yang diinginkan, akibat suhu panas di luar masuk.

Jaga kecepatan konstan

Menjaga kecepatan kendaraan tetap konstan membuat kerja mesin lebih efisien. Jaga akselerasi sedikit lebih perlahan (akselerasi 20 km/jam selama 5 detik saat bergerak atau perpindahan gigi) akan mengurangi konsumsi bahan bakar sekitar 11 persen.

Kurangi akselerasi dan deselerasi

Jangan terlalu agresif dengan banyak menambah kecepatan (akselerasi) dan mengurangi kecepatan (daselerasi). Kemudikan jalankan kendaraan secara konstan sesuai kecepatan rata-rata yang diatur di lintasan.

Jaga jarak yang cukup dengan kendaraan di depan untuk menghindari pengereman secara mendadak. Jika Anda menekan pedal rem sudah pasti akan menekan gas, saat itulah mobil menyedot bahan bakar lebih.

Panaskan mesin dengan tepat

Kendaraan model sekarang sudah dirancang lebih canggih, sehingga tidak butuh waktu lama memanaskan mesin. Waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mesin hanya sekitar 3 menit atau ketika jarum penunjuk suhu mesin sudah mulai bergerak.

Saat mesin dipanaskan, mobil menggunakan bahan bakar sekitar 160cc. Jika Anda terlalu lama memanaskan mesin sudah pasti akan membuat konsumsi bahan bakar boros.

Pantau informasi lalu lintas

Terjebak kemacetan membuat konsumsi kendaraan Anda lebih besar. Untuk itu, sebelum berkendara pilihlah rute yang tepat. 

Sebagai catatan, ketika berkendara dalam perjalanan yang ditempuh selama 1 jam,  dan kehilangan waktu mengemudi (Missing Drive) selama 10 menit karena macet, konsumsi bahan bakar akan meningkat sekitar 14 persen.

Gunakan engine brake

Gunakan engine brake secara positif melalui perpindahan gigi (transmisi) yang tepat. Melalui teknik engine brake ini, mesin akan menghentikan supply bahan bakar dan penggunaan bahan bakar menurun sekitar 2 persen.

Tidak membawa beban berlebih

Ketika berkendara dengan membawa barang yang beratnya sekitar 100 kg, akan meningkatkan konsumsi bahan bakar sekitar 3 persen. Untuk itu, jangan membawa barang yang tidak dibutuhkan dalam mobil.

Perhatikan tekanan udara ban

Sebelum berangkat perhatikan tekanan udara ban. Jika berkurang 50 kPa (0.5 kg/cm2) dari tekanan normal akan terjadi peningkatan konsumsi bahan bakar sekitar 2-4 persen.

Perhatikan area parkir

Saat Anda akan berkunjung ke suatu tempat, hindari parkir ilegal. Biasanya tempat parkir tidak resmi kondisinya semrawut dan macet.

Saat Anda antre atau mencari tempat parkir kecepatan berubah dari 40 km/jam menjadi 20 km/jam, akan menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat sekitar 31 persen.

Demikian Tips Hemat Bahan Bakar Pada Kendaraan. Menghemat bahan bakar pada kendaraan memang sangat diperlukan untuk menghemat biaya yang dikeluarkan. Untuk lebih menghemat biaya yang dikeluarkan, Anda bisa menggunakan jasa Al-Hikmah Rental Mobil Palembang

Hubungi Kami


Buka Setiap Hari :

  • Jl. Sultan Agung No.87, 1 Ilir, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111

  • 0853-7860-0991

  • 0853-7860-0991

  • 06.00 - 22.30 WIB

Ingin berkonsultasi untuk kebutuhan sewa mobil Anda di Palembang?
Klik button dibawah untuk menghubungi kami dari smartphone Anda

Telkomsel 0853-7860-0991

Call SMS WhatsApp