Tips Mudah Mengendarai Mobil Matic Untuk Pemula

Tips Mudah Mengendarai Mobil Matic Untuk Pemula

Mobil Matic merupakan jenis kendaraan yang memiliki kenyamanan tersendiri bagi para pengendara. Namun, bagi pemula atau Anda yang belum pernah mengendarai mobil jenis matic ini mungkin akan terasa sulit. Tapi tenang, Anda bisa dengan mudah mempelajarinya terutama apabila Anda sudah pernah mengendarai mobil.

Dengan dilengkapi dengan tipe transmisi otomatis, mobil matic dapat memudahkan para pengendara mobil. Di Indonesia sendiri angka penjualan mobil matic setiap tahunnya mengalami peningkatan, lebih dari jutaan orang sudah menggunakan mobil matic ini.

Sebenarnya mobil matik memang terbilang lebih sederhana dan tidak terlalu sulit dioperasikan. Mengendarai mobil matik hanya membutuhkan penyesuaian dan pengetahuan bagi para pemula dan pengendara yang biasa menggunakan mobil manual.

Banyaknya permasalahan ketika mengemudi menggunakan mobil matic, membuat para dealer dan pabrik mobil menyediakan panduan khusus menyetir mobil matic.

Terkadang pengemudi tidak mempunyai waktu lebih ketika ingin mempelajari atau membaca panduan tersebut, sehingga berdampak buruk seperti kerusakan mesin, terjadinya kecelakaan dan masalah lainya.

Berikut Tips Mudah Mengendarai Mobil Matic Untuk Pemula.

Memahami Fungsi Tombol HOLD

Tips yang pertama untuk pengendara mobil matic yaitu pentingnya memahami fungsi tombol hold. Tombol tersebut merupakan fitur penguncian gigi dan dapat dioperasikan saat tuas berada pada posisi D. 

Ketika tombol diaktifkan, maka fitur tersebut secara otomatis mengunci mobil pada gigi dua dan tiga. Fitur ini juga berfungsi sebagai penghemat BBM, terutama pada jalanan yang sering macet seperti kota-kota besar.

Perhatikan Posisi dan Urutan Penggantian Tuas Transmisi

Memperhatikan posisi dan urutan penggantian tuas transmisi, Anda harus menghafal masalah tersebut sampai benar-benar menguasai. Tips tersebut untuk menghindari kesalahan dalam mengganti tuas transmisi. Setelah benar-benar hafal dan penggantian tuas transmisi sudah menjadi suatu kebiasaan, maka tidak akan ada lagi kasus salah memasukkan posisi tuas transmisi.

Menginjak Rem Saat Mengganti Transmisi

Tips ketiga adalah membiasakan diri menginjak rem setiap kali akan mengganti transmisi, agar saat Anda sedang mengganti transmisi, mobil tidak akan berjalan dengan sendirinya. Hal ini merupakan masalah yang sering terjadi dikalangan pengendara mobil matic.

Perhatikan Area Jalan

Cara menyetir mobil matic berikutnya yaitu memperhatikan jalan yang akan Anda lewati, jika wilayah penuh dengan tanjakan atau keadaan jalan yang naik, sebaiknya Anda memindahkan transmisi pada posisi L. 

Pada keadaan posisi tersebut, transmisi mobil matic anda hanya bisa berpindah antara gigi satu sampai gigi dua saja. Saat jalan menurun posisi ini juga berguna sebagai engine brake, sehingga mesin bekerja dengan benar.

Setelah mempelajari Tips Mengendarai Mobil Matic di atas, ada sedikit tips tambahan bagi Anda pengendara mobil matic yaitu sering mengecek kondisi mesin, ketika mesin sangat panas terutama saat mengemudi jarak jauh, sebaiknya berhenti sebentar untuk menstabilkan mesin dalam keadaan dingin.

Lakukan perawatan mesin minimal seminggu satu kali, agar mesin tetap terawat dan nyaman untuk dipakai. Masalah yang sering terjadi pada mobil matic yaitu rem, ganti rem mobil Anda saat mulai terasa tidak cakram lagi.

Demikian Tips Mudah Mengendarai Mobil Matic Untuk Pemula, jika Anda mencari jasa rental mobil murah di Palembang dengan driver yang professional, Anda bisa menggunakan jasa Al-Hikmah Rental Mobil Palembang. Al-Hikmah Rental Mobil Palembang merupakan jasa rental mobil di Palembang yang termurah serta terbaik karena memiliki driver yang professional, armada-armada yang selalu terawat serta pelayanan yang terbaik.

Hubungi Kami


Buka Setiap Hari :

  • Jl. Sultan Agung No.87, 1 Ilir, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111

  • 0853-7860-0991

  • 0853-7860-0991

  • 06.00 - 22.30 WIB

Ingin berkonsultasi untuk kebutuhan sewa mobil Anda di Palembang?
Klik button dibawah untuk menghubungi kami dari smartphone Anda

Telkomsel 0853-7860-0991

Call SMS WhatsApp