Tips Mempersiapkan Kendaraan Sebelum Perjalanan Jauh Menurut Rental Mobil Al-Hikmah

Tips Mempersiapkan Kendaraan Sebelum Perjalanan Jauh Menurut Rental Mobil Al-Hikmah

Sangat menyenangkan kalau saat berlibur, kita bisa membawa mobil atau motor sendiri. Dengan memiliki mobil atau motor sendiri, kita bisa dengan mudah berpetualangan mengunjungi berbagai objek wisata dan tempat kuliner yang diincar. Pastinya menyenangkan bukan? Apalagi saat kamu memutuskan keliling pulau di mana kamu berada seperti keliling pulau Sumatera.

Namun sebelum melakukan perjalanan jauh, ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk mempersiapkannya terutama jika kita memutuskan untuk menggunakan mobil. Kita perlu waspadai beberapa hal penyebab kerusakan mobil untuk memastikan perjalanan kita lancar.
Berikut Tips Mempersiapkan Kendaraan Sebelum Perjalanan Jauh Menurut Rental Mobil Al-Hikmah.

Periksa dan Ganti Oli

Cek gimana kondisi oli mobilmu. Jangan lupa mengganti oli mesin jika dalam waktu dekat harus menggantinya. Ini untuk memastikan saat perjalanan, mobil bisa berfungsi dengan baik. Jika menggunakan jasa bengkel, kita perlu waspada saat pergantian oli kendaraan untuk memastikan pergantian oli dilakukan dengan baik.

Cek Air Radiator

Pastikan air radiator masih dalam kondisi penuh. Selain memeriksa seberapa banyak air radiator, pastikan juga selang radiator masih dalam kondisi baik. Kerusakan radiator selama perjalanan jauh akan menghambat banyak planning-mu.

Bahan Bakar Cukup?

Apakah bahan bakar mobilmu cukup untuk berpergian jauh? Belum tentu di dalam perjalanan yang ditempuh, pom bensin bisa mudah ditemukan apalagi jika kamu berlibur ke daerah yang belum sama sekali kamu kenal. Sebelum berpergian, pastikan bensin diisi hingga penuh. Jika bensin sisa ¼, langsung isi jangan sampai bensin tinggal 1 bar terakhir.

Kipas Pendingin Masih Bekerja Dengan Baik?

Kipas pendingin bekerja atau tidak? Tidak hanya kipasnya, periksa juga bagian belt-nya apakah masih dalam kondisi yang baik atau tidak. Apa yang perlu diperiksa dari belt? Kendor atau kencang. Apabila belt kendor bisa mengakibatkan slip sehingga putaran kipas tidak maksimal.

Aki Masih Penuh?

Perhatikan juga level air aki apakah masih ada dan bersih untuk memastikan aki bisa menyuport kerja mesin selama perjalanan. Cek juga apakah baut pada kutub-kutub aki sudah kencang? Dan apakah kabel aki masih bagus.

Periksa Ban Mobil

Periksa juga setiap ban mobil untuk memastikan apakah ban masih dalam kondisi yang baik dan anginnya cukup. Jangan lupa membawa 1 ban cadangan untuk perjalanan jauh karena tidak ada yang tahu kapan ban cadangan diperlukan. Tidak lucu jika ban rusak di jalan yang sepi dan tidak ada yang bisa menolong.

Rem

Periksa level minyak rem. Jika berada dibawah batas level minimal, maka perlu dicurigai kemungkinan adanya kebocoran. Periksa sistem rem apakah terlihat ada kebocoran pada selang, master rem dan periksa juga apakah terdapat basah paga bagian dalam velg sebagai tanda kebocoran silinder roda. Pastikan sistem rem dapat bekerja dengan baik.

Lampu

Cek secara keseluruhan kondisi lampu mobil Anda. Pastikan semua lampu dapat berfungsi dan menyala dengan normal. Bila ada lampu yang mati, sebaiknya Anda segera menggantinya.

Wipper

Ini sangat berguna sekali bila berkendara di musim hujan. Pastikan wipper kaca mobil dapat berfungsi dengan normal. Bila Anda masih merasa ragu dengan cara pemeriksaan yang benar maka sebaiknya bawalah mobil Anda ke bengkel resmi atau bengkel otomotif langganan.

Demikian Tips Mempersiapkan Kendaraan Sebelum Perjalanan Jauh Menurut Rental Mobil Al-Hikmah. Semoga bermanfaat untuk kalian. apabila kalian masih ragu dengan kendaraan kalian sebelum melakukan perjalanan jauh, lebih baik kalian menggunakan jasa Al-Hikmah Rental Mobil  Palembang yang menawarkan armada-armada terbaik dan tentunya termurah di Palembang.

Hubungi Kami


Buka Setiap Hari :

  • Jl. Sultan Agung No.87, 1 Ilir, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111

  • 0853-7860-0991

  • 0853-7860-0991

  • 06.00 - 22.30 WIB

Ingin berkonsultasi untuk kebutuhan sewa mobil Anda di Palembang?
Klik button dibawah untuk menghubungi kami dari smartphone Anda

Telkomsel 0853-7860-0991

Call SMS WhatsApp