Larangan Terbang Atau Traveling Ke China

| Kamis, Januari 30, 2020 |
Larangan Terbang Atau Traveling Ke China

Setelah beberapa Negara telah melakukan larangan berpergian ke China, beberapa maskapai internasional pun merasakan dampaknya. Seperti berupa penurunan permintaan dan penyesuaian jadwal untuk terbang ke Negeri Tirai Bambu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksikan bahwa imbauan terhadap larangan traveling penerbangan ke Wuhan, China kemungkinan akan berlangsung tiga minggu sampai satu bulan. Hal tersebut merupakan dampak dari kasus penyebaran virus corona di China.

"Mungkin diperkirakan bisa sampai tiga pekan atau satu bulan, kalau melihat apa yang terjadi di Wuhan," ujar Menhub di Tangerang, Banten, dikutip Antara, Minggu (26/1).

"Kalau di Wuhan sudah jelas, tidak ada penerbangan dari dan ke Wuhan. Kemarin Lion Air sempat akan mengembalikan penumpang, namun di Wuhan sudah ditutup jadi penerbangan yang kembali juga kosong," katanya.

Berkaitan dengan kota-kota China lainnya, Kementerian Perhubungan akan terus membahas hal itu dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri tentang perkembangan kasus virus corona yang terjadi di China.

Tetapi, untuk sementara waktu pemerintah akan memberikan larangan penerbangan menuju Wuhan, China, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona tersebut. Meskipun tak ada peringatan perjalanan (travel warning) resmi karena kasus virus corona di Wuhan, Budi menyatakan secara langsung pemerintah telah menyatakan penutupan rute Wuhan kepada maskapai maskapai di Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk melakukan pengawasan ketat yang berhubungan dengan kedatangan orang dan barang dari luar negeri untuk mengantisipasi penularan virus corona baru yang telah menjadi wabah di Kota Wuhan, China.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)  mengatakan bahwa hingga Jumat (24/1) siang, tidak ada warga negara Indonesia yang terpapar virus corona, yang mana wabah tersebut telah menimbulkan keprihatinan seluruh dunia.

Lion Air Group telah menghentikan sementara seluruh penerbangan dari dan menuju kota-kota di China. Penerbangan ditutup secara bertahap mulai akhir Januari hingga awal Februari. 

Penutupan menyusul imbauan larangan terbang dan isolasi Kota Wuhan oleh pemerintah kota setempat. Lion Air Group berupaya menjaga Indonesia tetap aman dari inveksi virus Corona yang mungkin menyebar ke kota-kota lain di China.

Corporate Communication Strategic of Lion Air Group Danang Mandala mengatakan,bahwa tahap awal ada lima rute yang telah ditutup hingga akhir Januari 2020. Kelima rute tersebut merupakan Denpasar – Wuhan pergi pulang (PP), Manado – Tianjin, Manado – Fuzhou, Manado – Hangzhou, Soekarno-Hatta – Haikou, dan Surabaya – Haikou. 

"Keputusan ini diambil setelah melakukan riset dan rapat direksi secara komprehensif," katanya, kepada HARIAN NASIONAL, di Jakarta, Selasa (28/1). 

Danang menyatakan total penerbangan Lion Air Group ke China telah mencapai 22 rute yang dijalankan oleh maskapai Lion Air dan Batik Air. Kedua maskapai tersebut melayani penerbangan dari Batam, Jakarta, Denpasar, Surabaya, dan Manado. 

Namun, kata dia, masih terdepat penerbangan dari Indonesia ke China sampai masa penutupan berlaku. penerbangan yang masih beroperasi bertujuan untuk memulangkan wisatawan China. 

Keputusan penghentian penerbangan sementara adalah bagian dari langkah mengantisipasi berdasarkan himbauan larangan perjalanan dari otoritas Wuhan terhadap dampak wabah virus corona.

Ada 15 kota yang menjadi rute penerbangan Lion Air Group di China yaitu, Changsa, Chengdu, Chongqing, Fuzhou, Guangzhou, Hangzhou, Haikou, Jinan, Nanjing, Nanchang, Shenzhen, Shanghai, Tianjin, Wuhan, dan Xi'an. 

"Lion Air Group berkomitmen memastikan keselamatan, keamanan serta kenyamanan penerbangan terhadap kru pesawat dan penumpang," katanya. 

Referensi :


Hubungi Kami


Buka Setiap Hari :

  • Jl. Sultan Agung No.87, 1 Ilir, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111

  • 0853-7860-0991

  • 0853-7860-0991

  • 06.00 - 22.30 WIB

Ingin berkonsultasi untuk kebutuhan sewa mobil Anda di Palembang?
Klik button dibawah untuk menghubungi kami dari smartphone Anda

Telkomsel 0853-7860-0991

Call SMS WhatsApp