Fenomena Kota Wuhan China

| Selasa, Januari 28, 2020 |
Fenomena Kota Wuhan China

Kota Wuhan menjadi perbincangan internasional saat ini. Hal itu dikarenakan wabah Virus Corona yang menyebar di Kota Wuhan beberapa hari terakhir.  Kota Wuhan bahkan menjadi trending topik di media sosial Twitter. 

Wuhan merupakan kota yang terletak di Cina Tengah. Wuhan merupakan ibu kota provinsi Hubei. Menurut Washington Post, terdapat 11 juta lebih penduduk yang tinggal di Kota Wuhan. Jumlah yang besar melebihi Kota New York. 

Pasar Hewan Di Wuhan 

Pasar yang ada di Kota Wuhan disebut-sebut sebagai salah satu penyebab munculnya serta menjadi sumber tersebarnya virus corona tersebut. Melansir dari Washington Post, pihak berwenang menyatakan bahwa virus corona tersebut berasal dari pasar hewan yang menjual berbagai macam hewan hidup mulai dari landak hingga buaya. 

Virus corona mewakili salah satu virus yang terdapat pada hewan dan dapat berpindah ke manusia dalam keadaan tertentu. Kontak dengan daging dari berbagai hewan yang dijual di pasar hewan kota Wuhan menjadi penyebab utama menyebarnya virus corona tersebut. 

Journal of Medical Virology menyatakan bahwa ular menjadi wadah yang paling memungkinkan untuk berkembangnya virus ini. Jurnal tersebut juga menyatakan bahwa hal tersebut didapatkan dari kesimpulan-kesimpulan para peneliti yang membandingkan kode genetic virus dan membandingkannya dengan dua jenis ular yakni krait dan kobra China. 

Kota industri 

Kota Wuhan dalam pertumbuhannya menjadi kota industri dikarenakan mempunyai pelabuhan-pelabuhan yang berhubungan dekat dengan perdagangan di Benua Eropa. Hal itu yang kemudian membawa pengaruh industrialisme barat. 

Washington Post menyebut, Wuhan memiliki pekerja migran dalam jumlah yang besar, yang sebagian diantaranya merupakan pekerja di industri mobil dan baja. Sebagian besar lainnya merupakan siswa, karena di kota wuhan memiliki Universitas Wuhan yang terkenal. 

Luas Wilayah Wuhan Hampir Sama Dengan London

Adapun luas kota Wuhan memiliki ukuran yang besarnya hampir sama dengan Kota London, Inggris. Kota Wuhan  termasuk kedalam kategori kota terbesar ke 42 di dunia, dan terbesar ke 7 di China. Luas Wilayah  serta pengaruh ekonomi Kota Wuhan cukup menjelaskan mengapa virus corona mudah menyebar begitu cepat ke seluruh Asia bahkan ke Amerika.

Singkatnya, virus corona menyebar begitu cepat karena banyak orang mengunjungi Wuhan dan membawa pulang virus itu bersama mereka. Pasien di Amerika contohnya, melansir dari BBC, pasien yang berasal dari Amerika tersebut baru-baru ini mengunjungi kota Wuhan. Begitu juga dengan dua pasien yang berasal dari Jepang. Sedangkan pasien virus corona yang berasal Korea diketahui juga menetap di kota Wuhan. Sementara untuk kasus virus corona di Thailand, adalah turis China yang berasal dari Wuhan. 

Akses internasional Kota Wuhan

Kota Wuhan mempunyai bandara internasional yang memiliki rute penerbangan ke berbagai kota internasional lain. Sementara BBC menyebutkan bahwa Bandara Internasional di kota Wuhan melayani 20 juta penumpang di tahun 2016, dan menawarkan penerbangan langsung ke kota-kota lain di seluruh dunia. 

Kota Wuhan juga mempunyai kereta berkecepatan tinggi menuju Beijing, Guangzhou, Shanghai dan Chengdu. 

Kota Wuhan juga telah menutup tiga stasiun kereta api utamanya, 13 stasiun bus, seluruh jaringan kereta bawah tanah, serta hampir semua jalur bus kota dan 251 pelayaran feri di Sungai Yangtze. Jalan raya utama di luar kota juga telah diblokir untuk menghindari lalu lintas keluar.

Referensi : 
- Journal of Medical Virology

Hubungi Kami


Buka Setiap Hari :

  • Jl. Sultan Agung No.87, 1 Ilir, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111

  • 0853-7860-0991

  • 0853-7860-0991

  • 06.00 - 22.30 WIB

Ingin berkonsultasi untuk kebutuhan sewa mobil Anda di Palembang?
Klik button dibawah untuk menghubungi kami dari smartphone Anda

Telkomsel 0853-7860-0991

Call SMS WhatsApp