Wisata Gunung Dempo Bersama Rental Mobil Palembang

| Sabtu, Februari 04, 2017 |
Rental Mobil Palembang

Jelajah Wisata Gunung Dempo Bersama Alhikmah Rental Mobil Palembang.

Gunung Dempo adalah sebuah gunung yang mempunyai ketinggian hingga 3,195 meter, dan memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit hutan Montane serta Hutan Ericaceous atau yang disebut hutan gunung. Gunung ini terletak pada perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu. Untuk bisa mencapai desa terdekat, Anda harus terlebih dahulu mencapai kota Pagar Alam, lebih kurang 7 jam perjalanan darat dari Palembang. Dari Palembang tersedia banyak bus yang menuju arah Pagar Alam, salah satunya bus Dharma Karya.

Objek Wisata

Memandang dan mendaki Gunung Dempo, mata Anda akan dimanjakan dengan hamparan hijau kebun teh yang besar dan luas. Terlihat orang bercaping membawa keranjang di pundak sambil memetik daun teh yang siap dipanen.

Puncak tertinggi di Sumatra Selatan ini termasuk gunung berapi aktif, sehingga jangan heran jika Anda masih melihat asap dan sedikit semburan lumpur yang mengarah ke dataran rendah. Perjalanan mendaki Gunung Dempo yang merupakan puncak tertinggi dari pegunungan Bukit Barisan akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Seiring pendakian, Anda akan dibawa pada dua puncak tertinggi yang dimiliki oleh Bukit Barisan, yaitu Gunung Dempo dan Gunung Marapi. Apabila sudah tiba di puncak pertama ini, Anda akan menuruni lembah yang terhampar di tengah kedua puncak gunung tersebut. Di lembah ini terdapat sumber mata air yang mengalir, hanya saja air yang sangat jernih ini memiliki rasa yang sedikit asam, hal ini diperkirakan akibat rembesan belerang. Selanjutnya, bersiaplah menapaki jalanan berkerikil dan batu – batuan akan menemani langkah Anda hingga berhasil menapaki puncak utama dan menyaksikan panorama alam Gunung Dempo yang sesungguhnya. Tenang saja, kemiringan dari arah lembah menunju puncak cukup aman untuk dilalui yaitu sekitar 400.

Diameter Puncak utama sekitar 100 m2 dengan tampilan berupa kawah dengan kondisi dinding kawah cukup terjal. Hal ini menyulitkan Anda untuk turun tanpa menggunakan standar perlengkapan panjat. Lukisan nyata bumi Bengkulu dan Lautan Hindia dengan hamparan lembah akan membius jiwa petualang Anda. Sementara puncak kedua dengan posisi lebih rendah akan menyuguhkan aroma belerang. Berbeda dengan puncak utama, di sini kawah dengan pasir dan bebatuan dapat dimanfaatkan untuk beristirahat dan berkemah.

Keistimewaan Pegunungan ini tidak hanya dikagumi oleh wisatawan, melainkan juga diakui oleh pemerintah nasional sehingga lokasi ini dipilih sebagai arena cabang olah raga Paralayang PON ke XVI lalu. Selepas memuaskan minat wisata, Anda boleh menyinggahi pasar tradisional di pusat kota untuk berbelanja oleh-oleh khas Palembang seperti benalu teh, kopi robusta dan alpukat.

Lokasi

Lokasi Gunung Dempo berada di antara perbatasan Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan. Tepatnya berada di Kabupaten Pagar Alam.

Akses

Setibanya di ibukota yaitu Kota Palembang, Anda bisa memilih kendaraan pribadi, travel, ataupun kendaraan umum. Perjalanan akan memakan waktu selama 7 jam sebab jarak Gunung Dempo sekitar 310 km dari Kota Palembang.

Untuk yang menggunakan jasa angkutan umum, tersedia travel dan Bus Telaga Biru Ekonomi non AC yang bisa didapat di terminal Karya Jaya Palembang. Angkutan umum ini berangkat paling pagi jam 08.00 WIB dan keberangkatan akhir pukul 17.00 WIB. Apabila ini merupakan perjalanan pertama Anda di Kota Palembang, disarankan lebih baik menyewa Jasa Rental Mobil Palembang yang sediakan oleh Al-Hikmah Rent Cars. Setelah sampai di terminal Pagar Alam, perjalanan dilanjutkan menuju Pabrik Teh PTPN III dengan jarak tempuh sekitar 8 Km. Tetapi sebelumnya, disarankan Anda menyempatkan diri bertemu dengan Bapak Anton, beliau merupakan orang yang dituakan oleh para pendaki Sumatera Selatan dan Lampung.

Harga Tiket

Untuk mendaki Gunung Dempo, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Hanya saja dana tersebut diperlukan untuk membayar ongkos kendaraan untuk sampai ke kawasan Gunung Dempo.

Fasilitas dan Akomodasi

Berniat untuk menginap demi menikmati alam Gunung Dempo lebih lama? Jika Ya, Anda hanya perlu memilih penginapan yang sesuai dengan budget liburan Anda, sebab di sekitaran Gunung Dempo ini sudah banyak terdapat hotel dan tempat penyewaan villa.

Transportasi

Apabila anda ingin berkeliling kota Palembang, anda dapat mengunakan jasa rental mobil Palembang yang telah disediakan oleh Al-Hikmah Rent Cars.

Hubungi Kami


Buka Setiap Hari :

  • Jl. Sultan Agung No.87, 1 Ilir, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111

  • 0853-7860-0991

  • 0853-7860-0991

  • 06.00 - 22.30 WIB

Ingin berkonsultasi untuk kebutuhan sewa mobil Anda di Palembang?
Klik button dibawah untuk menghubungi kami dari smartphone Anda

Telkomsel 0853-7860-0991

Call SMS WhatsApp